KESAN KULIAH MANAJEMEN PEMASARAN DAN KULIAH PERTAMA DENGAN Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc

Lecturer :

Kuliah Manajemen Pemasaran oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan,MSc

Saya sangat tertarik dengan cara Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc dalam perkuliahan Manajemen Pemasaran. Sebelum kuliah dimulai pertama kali diadakan pre-test dengan online untuk melihat sejauh mana pengetahuan mahasiswa/i tentang pemasaran. Dengan tes ini mau tidak mau mahasiswa/i akan belajar supaya nilainya tidak terlalu jelek. Tes online ini sangat bagus karena di era sekarang semua orang menggunakan gadget, dengan tes online ini selain memanfaatkan teknologi, juga hal yang menyenangkan. Kalau biasa kita kenal istilah learning by doing, dengan tes online ini saya menyebutnya learning by playing. Karena kebanyakan orang sekarang tengannya tidak lepas dari gadget atau smatrphone untuk chatting, lihat youtube,  tapi dengan test online ini orang juga bisa belajar sambil bermain gadget (memegang gadget).

Cara perkuliahan Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc yang berbeda ini membuat saya tertarik untuk mengenal beliau, ketemu langsung dengan beliau. Ternyata beliau kakak kelas saya di Program Studi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, IPB.

Kuliah Manajemen Pemasaran pertamakali dengan beliau hari Jumat, 6 Maret 2015 di Gedung Pusdiklat Bulog, Jakarta Selatan. Adapun materi yang diberikan tentang Marketing Plan di buku Pemasaran Strategik Bab 9 yang editornya Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. Tujuan  mempelajari bab ini adalah agar para mahasiswa dapat menyusun marketing plan terkait tugas akhir marketing plan. Dalam menyusun rencana pemasaran diperlukan suatu strategic planning, perencanaan strategis yang biasa dilakukan oleh perusahaan. Untuk itu terlebih dahulu perlu merumuskan Visi dan Misi perusahaan.  Visi itu sebetulnya angan-angan masa depan, jadi perusahaan kita ke depan ingin seperti apa. Sedangkan misi  adalah apa yang akan kita lakukan untuk mencapai visi tersebut. Misi perusahaan menggambarkan keseluruhan tujuan dari perusahaan. Visi dan misi tersebut perlu di sosialisasikan kepada semua karyawan agar termotivasi untuk mewujudkannya. Selanjutnya di perkulihan pertama juga dibahas tentang SWOT Analysis. Yaitu analisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bisnis perusahaan.

Text Book :

cover_pemasaran-strategik-perspektif-page-001

Ujang Sumarwan (editor). 2015. Pemasaran Strategic: Perspektif Perlilaku Konsumen dan Marketing Plan. IPB Press.

Picture2

Sumarwan Ujang; Agus Djunaedi; Aviliani; H.C Royke; Jusuf Agus Sayono; Rico R Budidarmo; Sofyan Rambe. (Strategic Marketing: Strategy for Corporate Growth and Share Holder Value).-Pemasaran Strategik: Strategi Untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham . Published byInti Prima, Februari 2009, ISBN 979-450-451-3 .

Picture3 revisi-cover-pemasaran-strategik11

Sumarwan, U., Achmad Fachrodji., Adman Nursal., Arissetyanto Nugroho., Erry Ricardo Nurzal., Ign Anung Setiadi., Suharyono., Zeffry Alamsyah. 1st Printing. 2011. Marketing Strategic: Value Based Marketing and Marketing Metrics. Pemasaran Strategik: Persfektif Value-Based Marketing dan Pengukuran Kinerja. Bogor, IPB Press.

SINOPSIS
Pemasaran strategik menguraikan bagaimana sebuah perusahaan harus memahami konsumen, sehingga dapat menyusun strategi pemasarannya untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan guna meningkatkan kinerja perusahaan dan menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham.Pemasaran adalah memahami berbagai kebutuhan para pelanggan dan mengembangkan sebuah proposisi untuk menawarkan nilai yang superior. Melalui penyediaan nilai pelanggan yang lebih tinggi maka manajemen dapat memberikan dan menghasilkan nilai yang lebih tinggi pula kepada para pemegang saham. Nilai suatu merek dagang terbentuk dari kepercayaan para pelanggan terhadap merek dagang perusahaan. Kepercayaan ini membentuk relasi antara merek dan pelanggan yang mendorong preferensi, loyalitas merek, dan keinginan untuk mempertimbangkan produk dan jasa baru yang ditawarkan perusahaan di masa depan dengan merek tersebut. Buku ini juga menguraikan bagaimana langkah-langkah untuk membangun ekuitas merek serta menjelaskan beberapa metode untuk mengukur ekuitas merek.